Sunday, February 16, 2014

Sunday Sharing III " The Ultimate Words" as Magic Word For Public Speaking


 My Experience Story as Motivator Public Speaking

( Part 1)

The words empower the spirit, dream, inspiration, idea,
 inovation, achievement, turning point and also You ( Edrida Pulungan, Madinah 2010)


Bulan Februari 2014 penuh dengan kebahagian. Kebahagian yang indah saat bisa berbagi dan belajar.
Undangan dari Melly dan Awan Via Phone dari komunitas blogger detik yang meminta  saya untuk mengisi materi Public Speaking pada acara Sunday Sharing pada 16 Februari 2013.
 Undangannya di publish di blogger detikhttp://blogdetik.com/2014/02/11/yuk-belajar-public-speaking-di-sundaysharing-3/   akhirnya saya sanggupi karena lobby mereka yang cukup unik dan meyakinkan.  Mungkin inilah saatnya saya berbagi meskipun belum memiliki jam terbang  sebagai motivator public speaking yang tinggi, namun berbicara tentang sesuatu yang kita cintai dan pernah geluti selalu menyenangkan.  Pengalaman mengikuti Short Course Training di Group Training Northern Territory (GTNT) Australia tahun 2006 dan membangun komunitas debat bahasa Inggris saat saya menjadi dosen dulu  menjadi modal penting untuk mempraktikannya.


                                     Public Speaking dengan tema " ultimate words, your magic word"

Peserta yang hadir beragam mulai dari para komunitas blogger dan juga teman-teman jurnalis citizen, penulis, dan para entrepreneur muda yang hadir dari berbagai kota. Ada yang dari Bogor, Bekasi dan Garut. Dari yang muda sampai yang tua. Dan yang mengharukan peserta yang sudah tidak muda itu berusia 55-59 tahun. Saya seperti merasa dalam keluarga baru yang menyenangkan. Ada lagi yang bela-belain datang jam setengah dua siang dan berangkat dari garut jam setengah lima shubuh. Luar biasa sekali semangat peserta Sunday Sharing. Akhirnya peserta yang berjumlah enam puluh lebih itu harus "terjebak" dengan berbagai aktivitas unik, menyenangkan, meski sebelumnya semua tersiksa dengan ketakutan dan kegugupan sebelumnya. Beberapa teknik berbicara akan saya jelaskan dalam tulisan berikutnya.


                                  Photo : 14 peserta yang terpilih dengan satu kata mantra, pemenangnya 3 orang

Public Speaking adalah aktifitas yang sering kita lakukan. Seperti bicara dan bercerita dengan teman, sahabat, guru atau teman kerja. Namun dalam public speaking dibutuhkan teknik dan seni disertai latihan, sehingga bisa mengirimkan pesan yang tepat, menghibur atau mempengaruhi  orang lain.
Dan yang paling penting adalah bagaimana untuk terus mencoba dan mencoba. Ingatlah dan 

          
Photo : Peserta Sunday Sharing Public Speaking yang beruntung berpose di kantor detik.com
flash back akan tahun-tahun yang terlewati, dan menggoreskan jejak-jejak pertama hinga sampai pada satu tempat dan momen yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Ketika kita bicara diperhatikan, didengarkan oleh orang lain tentu kita senang bukan? Karena setiap manusia pada dasarnya senang berbicara. Inilah beberapa pengalaman dengan teman-teman peserta Sunday Sharing III, semua happy, berani dan bisa tersenyum akhirnya . Thanks for coming

                  

9 comments:

  1. Terima kasih mba Ed, sharing ilmu dan pengalamannya tentang Public Speaking membuat saya berpikir ulang untuk selalu berani berbicara didepan org banyak atau yg baru dikenal, atau memperkenalkan diri.

    Dan kemarin satu kesalahan yg membuat saya kurang puas, sy ga bisa memperkenalkan diri dan berbicara lebih banyak..hehe

    ReplyDelete
  2. Luar biasa mba ed presentasinya, saya banyak belajar untuk menjadi publik speaker yang keren, mengenai rencana membuat komunitas, ditunggu kabarnya yah :)

    chandra iman
    http://www.chandra.im

    ReplyDelete
  3. teimakasih sudah hadir mas Chandra, silahkan tuliskan pengalaman public speaking kemarin dan follow dan link ke twitter @edrida

    ReplyDelete
  4. Terimakasih juga mbak Melly, semangat selalu ya, semoga kita bisa buat komunitas public speaking ya :)

    ReplyDelete
  5. makasih banyak mba buat ilmunya :D sangat bersyukur bisa ketemu dengan mba di SundaySharing

    ReplyDelete
  6. thanks for coming and sharing great experience and inspiration kak ed :)

    ReplyDelete
  7. wah ajibb... semua nya,saya baru sempat garap..
    luar biasa.. :-D

    ReplyDelete