Tuesday, January 1, 2019

10 Hari Perjalanan Menembus Jalan listas Tengah Sumatera



Tanggal 22 Desember 2018

Pada saat sore, setelah melipat baju yang baru cuci kering. Saya berbincang dengan kak Abdu. Kami memutuskan berangkat menuju Padang Sidimpuan dengan estimasi 2 hari tiga malam, rupanya 3 hari empat malam sampai di Padang Sidimpuan, tapi banyak sekali drama sebelum keberangkatan. Mulai dari packing barang, hingga memasukkan barang ke mobil, karena parkir agak jauh dari rumah. Karena jalan hanya bisa lewat satu mobil, kak abdu agak kesal  dan merasa geraknya agak lamban hingga akhirnya barang saya angkat satu-persatu ke dalam mobil dan mencoba tenang dan lapang dada. Karena jika perjalanan jauh butuh ketenangan dan kedamaian. Bismillahirrohmanirrohim

Sekitar jam 20.00 wib, keluar dari rumah, dan tiba di pelabuhan merak sekitar jam 23.00 wib dan agak antri di depan menuju pelabuhan.  Hujan turun dan ada telpon dari Riki mengabarkan bahwa ada gempa di selat sunda dengan suara khawatir, tapi kak Abd menanggapinya datar saja. Saya  merasa sedikit gugup, namun membayangkan semua akan baik baik aja dengan doa Ibu. Saya menelpon ibu bahwa akan masuk kapal. Akhirnya masuk kedalam kapal, dan saya bertanya adakah life safety dan seorang petugas menunjukkan tempatnya, alhamdulillah. Announcer Kapal mengabarkan bahwa kapal akan berangkat dan meminta semua penumpang berdoa sebelum keberangkatan

Saya masuk toilet dan mendengar banyak Ibu-ibu yang ngobrol soal gempa, saya semakin gugup. Karena saya paling takut laut. tapi akhirnya saya mencoba tenang saja. Menuju kursi penumpang yang bagian tengah kapal, nampak semua penumpang dan  duduk satu persatu. Sayapun duduk, kak abdu langsung tertidur di kursi, sedangkan saya mencoba membaca-baca buku yang saya bawa. sekitar satu setengah jam di Kapal. sebuah announcer yang mengatakan kapal telah sampai, terdengar ucapan alhamdulillah dari para penumpang.

jelang pagi jam 7 kami keluar dari lumbung kapal dan tiba di pelabuhan Bakauheni, dan hari nampak mendung dan gerimis. Sungguh senangnya



0 comments:

Post a Comment