Tuesday, June 16, 2020

Pengalaman menumbuhkan minat baca pada anak : Dengan Menulis Buku Dongeng Anak


Imajinasi dapat ditumbuhkan dengan menggiatkan minat baca pada anak sedari kecil, hingga akhirnya anak-anak menyadari bahwa kehadirannya di dunia memberi arti untuk sebuah misi kebaikan dalam kehidupan. Dengan kebiasaan membaca sedari kecil, anak-anak bisa menjadi seperti apa yang mereka inginkan, mulai dari astronot, dokter, guru, ahli animasi hebat hingga jadi Presiden dimasa depan  


Saya jadi ingat awal pertama kali sennag membaca karena dibelikan majalah Bobo sama Bapak, bahkan saya ingat betul cerita Outeri Nirmala,Oki serta Bona, gajah kecil berbelalali panjang. Untunglah Bapak bisa menemani saya belajar membaja dari majalah anak. Karena saat itu buku dongeng anak termasuk barang yang mewah. kadang saya baca koleksi dongeng anak di rumah teman saya yang oragtuanya mampu membeli berset buku donegn anak dari luar negeri. saya tak iri cuma sering main kerumahnya agar bisa meminjam dan membaca di rumahnya, hehehe. Itulah yang membuat saya semangat membaca akrena di pupuk dari kecil, hehehe


Tanpa disadari zaman semakin berubah.  Setiap generasi memiliki tantangannya sendiri. Dunia anak-anak semakin dinamis, mereka terbiasa dengan gawai, bahkan banyak yang sudah tak lagi mengenal permainan tradisional serta lebih berani dalam mengekspresikan kemauannya. Hal ini terjadi karena anak-anak terbiasa dengan sesuatu yang bisa diakses dengan gawai, seperti main game dan lain sebagainya

Untuk itu saya terpikir bagaimana untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak serta keponakan saya yang masih krucil-kerucil di dunia yang dipenuhi dengan semua informasi game serta hal yang menarik baginya bisa dilihat dari hp serta mengakses you tube dan yang lainnya. Bahkan saya dan suami sempat buat lagu anak-anak agar termotivasi membaca dan mencintai budaya Indonesia dengabn lirik lagu seperti di bawah ini

Ku anak Indonesia, 

Ku anak Indonesia 
Kuat dan hebat

Kurajin membaca
Agar jadi anak cerdas

Ku anak Indonesia senang sekali
Menyanyi dan menari setiap waktu

Ku cinta alam negeriku
Kucinta semua budayaku

Ayo teman semua membaca buku 
Kenali budaya bangsa
Cintai Keragamannya

Awalnya saya merasa senang sekali saat saya bisa menghasilkan antologi karya " Dongeng Cantik 300 Detik"  yang saya tulis saat ramadhan kemarin dan sudah open PO di bulan Juni. Agar anak-anak semangat saya memasukkan nama- nama mereka dalam dongeng yang saya buat yakni Farrel dan Nayyira. Mereka anak-anak cerdas, berbakat, namun saya ingin mereka memiliki minat baca yang tinggi, mengingat usianya menginjak 6 Tahun dan akan masuk sekolah SD.  Saya juga mmebeli buku- buku anak agar dibaca saat akhir ramadhan kemarin, meskipun tak mudah. Seperti Farrel yang hobi main game tak terlalu minat membaca namun senang menulis dan menggambar jika ada yang mendampinginya. Namun saya tidak habis akal dengan mencari informasi aplikasi yang saya bisa download di HP


 Gambar 1 : Dongeng Cantik 300 detik do.edrida pulungan
 
Hingga akhirnya saya merasa senang dengan adanya let'sreadindonesia dengan ratusan cerita bergambar gratis persembahan komunitas literasi, penerbit oleh Asia Foundation, ada gambar yang warna-warni bahkan ada animasinya. Farrel senang sekali karena bisa dilihat di HP. Semoga bisa menumbuhkan minat bacanya serta minat baca anak Indonesia yang masih rendah dibanding minat baca anak ASEAN dalam #readsIndonesia dan menjadi program inspiratif  untuk anak-anak dengan gerakan #ayomembaca # yang bisa disebarkan keseluruh keluarga di Indonesia untuk menularkan virus baca pada anak. Apalagi di masa pandemi begin, kegiatan anak-anak lebih banyak di rumah dan bisa menggunakan aplikasi sebagai media belajar


                     Gambar 2 : Aplikasi Read Indonesia dengan cerita anak doc.edrida pulungan
Saya juga menuliskan pengalaman ini sebagai seorang blogger dan terinspirasi menulikannya dari informasi blogger perempuan di instagram, semoga pengalaman ini bermanfaat untuk para orangtua, keluarga yang mendampingi tumbuh kembang anak. Mengingat anak-anak Indonesia adalah harapan bangsa. 

Farrel dan Nayyira sudah senang bisa membaca melalui aplikasi Let's Read , bagaimana dengan teman- teman lainnya dari sabang sampai merauke. Semoga senang juga membaca ya


#let'streadindonesia #bloggerperempuan #lombablog 
#lombabloggerperempuan #LombaBlogBP 
#BPxLet'sRead #Let'sReadAsia #Let'sReadIndonesia




1 comments:

  1. ada 9 permainan poker menarik di AJOQQ :D
    ayo segera bergabung dan dapatkan bonusnya :D
    WA : +855969190856

    ReplyDelete