Saturday, August 30, 2014

Air Putih Bukan Air Biasa, Konsumsi Yuk



Banyak-banyaklah  minum air putih, air putih  itu menyehatkan

Itulah  nasihat yang sering saya dengar dari Ibu. apalagi jika saya sedang sakit flu atau aktifitas yang padat. Apalagi tinggal di daerah perkotaan dengan cuaca yang terik dan hawa panas, saya biasanya membawa persediaan air minum kemana-mana, membawa thumbler dari rumah, terkadang bei ke supermarket terdekat yakni, minum air mineral sehingga jika haus selama perjalanan dari depok hingga ke kantor saya di senayan. Sehingga badan tetaf fit dan fresh


Memang nasihat tesebut tidak sembarangan. bahkan menurut riset yang diadakan International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum saat kita merasa haus dan dahaga.  Kita bisa mengkonsumsi air minum 0.03 liter per kg berat badan. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan 50 kg,  jadi konsumsi air minum orang tersebut berkisar  1.5 liter per hari. Sedangkan orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan orang yang kurus.

Jadi untuk air sehat  yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat, maka perusahaan air minum yang sehat
seperti  https://www.danone.com/ perlu juga mengedukasi masyarakat dengan air minum sehat sehinggamasyarakat juga bisa merasakan manfaatnya hidup sehat. Karena  air minum yang sehat akan menghindari seseorang dari penyakitnya yang disebabkan oleh mimum air yang tidak sehat.
 

Inilah beberapa Persyaratan Air Layak Dikonsumsi, antara lain :  Persyaratan Mikrobiologis Bakteri patogen tersebut dapat membentuk toksin (racun) setelah periode laten yang singkat yaitu beberapa jam. Makin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform, makin tinggi pula risiko kehadiran bakteri patogen, seperti bakteri Shigella (penyebab muntaber), S. Typhii (penyebab Typhus), Kolera, dan Disentri.  Persyaratan  Fisik,Persyaratan fisik yang harus dipenuhi pada air minum yaitu harus jernih, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Sementara suhunya sebaiknya sejuk dan tidak panas. Selain itu, air minum tidak menimbulkan endapan. Jika air yang kita konsumsi menyimpang dari hal ini, maka sangat mungkin air telah tercemar. Persyaratan Kimia, Dari aspek kimiawi, bahan air minum tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat (misalnya Hg, Ni, Pb, Zn,dan Ag) ataupun zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen.



Perusahaan air minum yang sehat  juga harus menjelaskan bagaimana proses penyaringan air minum yang sehat dan bisa menjelaskan inovasi sederhana kepada masyarakat sehinga masyarakat mengetahui bagaimana menyaring air minum.Persyaratan kualitas air minum meliputi persyaratan bakteriologis, kimiawi, radioaktif dan fisik. Menteri Kesehatan melakukan pembinaan teknis terhadap segala kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan persyaratan kualitas air minum. Hal ini juga dijelaskan sesuai dengan Peraturan ini merupakan revisi dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 416 Tahun 1990 tentang Syarat-syarat Dan Pengawasan Kualitas Air. Dengan ditetapkannya Keputusan ini, maka Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 416/Menkes/Per/IX/1990 dinyatakan tidak berlaku lagi.

yuk konsumsi air putih yang sehat, sekarang juga


0 comments:

Post a Comment