Wednesday, October 28, 2015

Inspirasi dari Film Little Big Master ” Karena Setiap Orang Punya Impian terbaiknya”





             Gambar 1 :  Foster Film The Little Big Master dengan kelima anak TK doc. ist

Little Big Master menceritakan adalah kisah tentang impian menggapai kehidupan yang lebih baik yang diawali dengan pendidikan. Mimpi yang terkadang kita miliki namun kita lupakan karena kegetiran hidup. Inilah kisah tentang perjuangan seorang guru menyemai benih impian di hati lima orang anak TK yang belajar di pelosok.

Kisah ini bermula kala Hung mengundurkan diri dari posisinya sebagai kepala sekolah di sebuah TK terkenal dan Tung suaminya mengundurkan diri dari posisinya sebagai kurator museum pada hari ulang tahun pernikahan mereka yang kesepuluh. Pasangan ini kemudian merencanakan perjalanan keliling dunia. Namun impian itu tertunda.

Hung melihat berita tentang TK di desa Yuen Long yang mencari kepala sekolah merangkap pengajar dan pembersih namun hanya dapat menggaji sangat kecil. Jika dalam empat bulan TK tersebut tidak mendapatkan kepala sekolah, sekolah akan diubah menjadi tempat pembuangan sampah atau rumah pemakaman. Tergerak melihat lima murid miskin di TK tersebut, Hung mengajukan diri.

Setelah kelima muridnya membuka diri, pekerjaan Hung membawanya kepada orang tua masing-masing murid yang setiap hari berjuang dalam kemiskinan. Akhirnya Hung menerima pekerjaan sebagai kepala sekolah dengan bayaran termurah saat itu 4500 dollar hongkong, meninggalkan sekolah elit dengan 500 murid kaya demi menyelamatkan kehidupan 5 orang murid dengan orang tua yang tidak mampu agar tetap menempuh pendidikan sekolah. mereka menyekolahkan anak-anaknya di sana karena sekolah tersebut gratis. berbagai konflik dan rintangan kepala sekolah Hung hadapi demi menyelamatkan sekolah tersebut, karena bagi guru Hung ini bukan sekedar menyelamatkan sekolah namun menyelamatkan kehidupan anak-anak di desa tersebut.


                    Gambar : Hung dan kelima anak TK belajar di dalam kelas doc. ist

Pada saat sedang belajar, Hung berdialog dengan setiap anak TK tentang Impian mereka, dan dengan polos anak-anak itu menjawab sesuai dengan keadaan mereka. Karena beberapa anak berlatar belakang keluarga yang tak mampu.Hung bekerja keras, hingga Hung jatuh sakit. Suaminya marah. Hung dan suaminya sempat salah paham, Karena Hung  sakit dan suaminya merasa khawatir hingga Hung menginap di rumah sakit demi mencari anak baru untuk sekolah TK. Hung juga melatih anak-anak menari untuk mengembangkan kepercayaan diri anak-anak tampil di muka umum. Meskipun dalam perjuangan Hung, suaminya, serta keluarga anak TK tak terwujud, namun ada ketulusan dan kebersamaan yang tergambar dalam film ini.

Film ini menguras banyak air mata, sangat menyentuh hati. Perpaduan drama keluarga yang kuat dengan unsur nilai-nilai kebersamaan, ketahabahan dan perjuangan. Selamat menonton film Little Big Master ini. saya memberi 4 bintang untuk film Hongkong yang dibintangi aktor berbakat yang berhasil menyajikan tontonan menarik dan segar dari film film romansa yang lagi naik daun.


0 comments:

Post a Comment