Monday, March 31, 2014

Surat Untuk Mantan



                      Tulisan ini diikutkan dalam lomba menulis surat untuk ruth


Dear someone out there

Engkau yang jauh disana.Apa khabarmu ?Mungkin engkau bahagia dalam cerita-cerita indah menjelang April.
Sudah memiliki dirinya melabuhkan hatimu.
Aku pun sudah memiliki diriku untuk menerima semua masa lalu menuju masa depanku.

Engkau tahu,April.. bulan itu akan datang lagi seperti lonceng penanda. April akan datang menghampiri dan mengetuk bilik hatiku yang masih sunyi. Aku selalu ingin melupakan bulan ini, meski aku tahu April tak pernah bersalah padaku. Bulan april melengkapi bulan-bulan lain yang kujalani dengan hati.

Ada angka satu dan empat yang terukir di cincin emas putih.Aku ingat april adalah bulan yang kita pilih untuk mengikat rasa kita berdua menuju pernikahan. Semua akan terwujud setelah kita bersama bergulat dengan gelisah dan harapan. Aku menyimpan banyak doa dan harapan mengira kita akan jadi pemenangnya dalam ujian menyatukan hati.

Tapi aku salah, kamu membuatku merasa kalah dengan meninggalkan aku dengan perjuangan menempuh waktu dalam sunyi dengan Setumpuk kertas penelitian thesisku. Ketika aku sangat membutuhkan dukunganmu.

Suaramu diujung telepon penuh isakan mengatakan perasaanmu masih kuat untukku. Memilihku dengan satu alasan klasik, cinta.titik. Namun titik itu adalah misteri bagiku karena cinta dengan tanda titik dibawah tanda melengkung diatasnya adalah tanda tanya dalam cintamu yang penuh misteri.

Akupun belum bisa membacanya dengan rumus apapun. Kau sudah buang kuncinya kelaut lepas. Dan aku seolah seperti manusia bodoh yang akan terus mencari kunci yang telah kau buang kepalung samudera yang dalam. Maaf aku tak mengemis rasa yang pernah kau beri.

Hari ini aku mau mengabarimu. April ketika engkau pergi telah mengantarkanku pada janji merampungkan study dan berdiri di altar dalam wisuda dengan prosesi. Di bulan April itu juga aku menuliskan seratus puisi cinta untuk sepotong hati yang hadir tulus dengan janji.April ini juga kutemukan satu dunia baru dimana kupandangi wajah bahagia penuh senyuman dan pelukan merawat rasaku yg engkau telantarkan. April ini kukirimi engkau satu surat bahwa engkaulah seorang sahabat bagiku. Terimakasih sudah mengajarkanku akan banyak hal. Aku semakin mengenali diriku saat aku jatuh, dan aku semakin menghargai kehidupan dan cinta sebagai pengenap hidupku. Selamat datang hari bahagia di April yang  bersahaja.

Rida
Perempuan pecinta April

3 comments:

  1. Replies
    1. terimakasih ya mbak siti atas apresiasinya, semoga tulisan saya bermanfaat, masih terus belajar

      Delete