Monday, June 1, 2015

Welcome June, Bertemu Wempy Pemuda inspiratif Indonesia yang jago Branding

Hari  Saptu yang cerah. mentari merekah menebar hangat senyumnya.

Rasanya sayang jika hari libur dilewatkan begitu saja, tanpa aktifitas yang penuh inspirasi, baik berkumpul bersama sahabat atau sekedar menjalankan hobi, minat dan bakat.

soal yang satu ini, tentu menyenangkan bukan, dan salah satu hal menarik adalah menjadi peserta acara menarik dengan pembicara- pembicara keren dengan segudang pengalaman jatuh bangun mereka.

Nah inilah para pembicara keren itu :). Mereka muda, berjiwa muda, kreatif, dan pantang menyerah. Namun saya akan membahas sosok Wempy dalam blog saya kali ini.


 
Gambar 1 : Para pembicara yang hadir adalah  Yeheskiel, Bams, Denny Santoso dan Wempy Diocto Koto


Acara Seminar Motivasi bertajuk  'Volution Conference 2015' dengan Thema 'Inspiring People, Impacting The World', pada hari  Sabtu, 30 Mei 2015,  Pukul: 09.00-18.00 bertempat di  Yustinus Hall  Gedung Atma Jaya, Semanggi,  Jakarta.

Dengan para Pembicara yang menarik , inspiratif dan super keren yakni:  1. Yeheskiel Zebua,  - Pengusaha Muda,  - Penulis Buku National Best-Seller 'Rocket Marketing',  - Rocket Trainer

2. Dwi Krismawan
- Pernah mengalami kecelakaan pesawat dan menyebabkan 50% tubuhnya luka bakar
- Penulis Buku Best Seller 'Kekuatan Cinta'
- National Motivational Speaker

3. Bams
- Mantan Vokalis Band
- Pengusaha & Investor
- Owner Vie for Life (Design Interior & Furniture)

4. Denny Santoso
- Serial Entrepreneur
- Digital Marketing Expert
- Business Mentor

5. Wempy Dyocta Koto
- CEO Wardour and Oxford
- Satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar '40 under 40' di majalah Fortune
- Sukses memimpin beberapa tim untuk meluncurkan produk dan layanan global untuk American Express, Sony, Nokia, Citigroup, Samsung, SAP, LG Electronics, Palm, Lenovo, BP, Microsoft, dan berbagai merek internasional lainnya


Kali ini saya mau berkisah tentang sosok pemuda Indonesia yang tinggal di negeri kanguru akhirnya
merindu Indonesia, siapakah dia?


Dialah sosok lelaki berdarah minang bernama Wempy Dyocta Koto yang lahir di Padangpanjang, Sumatera Barat, 14 Oktober 1976 dan besar di Australia. Kemudia Wempy berkuliah di University of Technology, Sidney, dan akhirnya  berpengalaman karena pernah bekerja di beberapa perusahaan yang mengeluarkan produk dan layanan global untuk American Express, Sony, Nokia, Citigroup, Samsung, SAP, LG Electronics, Palm, Lenovo, BP, Microsoft, dan berbagai merek internasional lainnya. Wempy pun semakin mendalami, iklan, strategi marketik dan dihital hingga menjadi professional di bidangnya.

Pengalaman yang paling menarik lagi, Wempy ini kuliah di kampus tercinta, kampus yang sama denganku, dUniversitas Indonesia, Yes, We Are The Yellow Jacket Family. Saat kuliah di UI , dia merasa pengalaman pertama kena gigit nyamuk dan dengan kamar yang sempit tanpa AC di asrama UI , namun hal tersebut yang menyebabkan Wempy makin dewasa dan menalani hal-hal baru di luar kemapanan. wah.. menarik sekali , padahal tawaran kuliah S3 di Oxford sudah di depan mata. Itulah makna cinta yang berlabuh pada negeri tercinta.


Bahkan berdasarkan beberapa sumber yang saya baca disitus jobtalk4all.com  mengatakan awalnya Wempy ingin menjadi diplomat, dan tidak tidak memiliki minat di dunia bisnis, dan  Wempy akhirnya memilih jurusan komunikasi sesuai dnegan saran ibunya. Pilihan tersebut membawa pria berwawasan luas ini mengalami perjalanan luar biasa di dunia bisnis hingga mengantarkannya menjadi CEO Wardour and Oxford saat ini. Perusahaan tersebut  membantu perkembangan   perusahaan start up untuk meningkatkan margin profit atau keuntungan mereka dalam  mengawali menjalankan bisnis yang tidak mudah.

Begitu banyak hal menarik yang disampaikan oleh pembicara terakhir ini, namun bagi saya sangat berkesan karena kecinttaanya pada negeri dan kontribusinya mengangkan brand local seperti kebab Baba Rafi dan Maicih. Wah keren jika semangat nasionalisme bangsa bersinergi bersama.


Wempy memperoleh penghargaan Asia Pacific Entrepreneurship Awards dengan predikat Most Promising Entrepreneur, pada tahun 2013. Yang paling menarik lagi, Wempy ini kuliah di kampus tercinta, kampus yang sama denganku, dUniversitas Indonesia, Yes, We Are The Yellow Jacket Family. Saat kuliah di UI , dia merasa pengalaman pertama kena gigit nyamuk dan dengan kamar yang sempit tanpa AC di asrama UI , namun hal tersebut yang menyebabkan Wempy makin dewasa dan menalani hal-hal baru di luar kemapanan. wah.. menarik sekali , padahal tawaran kuliah S3 di Oxford sudah di depan mata. Itulah makna cinta yang berlabuh pada negeri tercinta.

Di saat session presentasi dan sharingnya berakhir , saya memberanikan diri menanyakan pertanyaan yang unik padanya, yakni bagaimana menurutnya kuliah di UI dan pandangannnya terhadap perempuan Indonesia yang mandiri.

Wempy mengatakan kuliah di UI merupakan pengalaman terbaiknya yang tak terlupakan. Dengan bahasa Indonesia beraksen Aussie English, Wempy mengatakan banyak hal berharga yang dia dapatkan dan membuatnya semakin mencintai Indonesia dan menjelaskan Indonesia harus punya posisi di kawasan regional ASEAN dan juga dunia.

Menurutnya perempuan Indonesia sangat berdaya karena banyak perempuan yang sukses di berbagai bidang dan menjadi sumber potensial pasara yang besar di Indonesia.


Dan momen yang paling indah adalah mengabadikan photo bersam Wempy dalam acara yang super langka tersebut. karena sejam kemudian beliau akan jadi pembicara di London.



    Gambar 2 : Berphoto bersama Wempy dan merasakan aura positif dan senyumnya yang mekar :) semoga menjadi inspirasi para pemuda Indonesia yang berada di seluruh belahan dunia dan  kembali ke negeri Indonesia untuk memberikan kontribusi terbaik. doc Nurul.


Beberapa kalimat motivasi dari Wempy anatara lain :

Hard times must not beat you, hard times must make you

Do small task better, do big tasks better

Chase opportunity not security

Ignored your haters, love people who celebrate you

The best leaders are the best students

To raise your life, you must raise your hand

Do not allow history to ignore you

Invest in people and they will invest in your business

Win people heart and you will win their money

In a jungle with no lions, the blind monkey is the king

Collaboration is at the heart of everything

Constrain make your creativity


Diakhir acara Wempy memberikan pesan kepada para peserta seminar yang hadir, " I really believe that you  will achieve  better than me, I'm just lucky, you also can set your lucky, take your risk!

Pesan terseput disambut tepuk tangan meriah para peserta seminar, dan langsung berburu berphoto bersam Wempy.

Semoga bersua lagi. Salam inspirasi.

0 comments:

Post a Comment