Monday, November 28, 2016

Review Film Sweet Bean Dalam Japanese Festival 2016


     Gambar 1  : Sentaro tidak bisa memasak pasta kacang merahnya sendiri

Salah satu film drama Jepang yang saya tonton dalam perhelatan Japanese Film Festival 2016 adalah film dengan Judul Sweat Bean. Film yang berasal dari ide sederhana yakni makna dari proses memaknai sebuah pekerjaan yang harus dimulai dengan hati, namun dikemas dalam simbol sebuah kue yakni kue dorayakis yakni kue kering yang berisi pasta kacang merah yang manis. Sentaro menjalankan sebuah bisnis usaha jualan kue dorayakis ini sendiri dan mengandalkan pastanya dengan membeli yang sudah jadi. Bisnisnya tidak berkembang, namun Sentaro bertahan. Hingga  Sentaro kedatangan sseorang ibu tua bernama Tokue yang ingin melamar pekerjaan meskipun hanya dengan 300 yen, namun dengan melihat kondisi ibu tersebut yang sudah tua, maka Sentaro enggan menerimanya untuk bekerja bersamanya.

Hingga kemudian Tokue datang lagi dan memberikan pasta kacang merah kepada Sentaro. Sentaro sempat membuangnya ke tempat sampah hingga mengambilnya kembali. Ternyata hasilnya enak sekali. Akhirnya Sentaro menerimanya dan mulailah Tokue mengajarkannya banyak rahasia dan makna dari dorayaki dan pasta kacang merah adalah nyawa dari doriyaki. “Kacang merah itu datang dari negeri yang jauh dia bertahan dalam musim panas dan dingin jadi kita harus menjamunya” Kata Tokue pada suatu hari kepada Sentaro.

Hingga Tokue mengatakan “Aku membayangkan ... Saat hujan maupun cerah yang telah kacang-kacang itu lalui. Angin apa yang bertiup di seluruh tanaman kacang polong. Mendengarkan kisah perjalanan mereka. Ya. Dengarkanlah mereka. Aku percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini memiliki kisah untuk diceritakan. Bahkan sinar matahari dan angin, ku rasa kau bisa mendengar cerita mereka. Mungkin itulah alasannya tadi malam, angin yang bertiup di pagar dari tumbuhan holi, tampak mengatakan bahwa aku harus menghubungimu. Aku yakin bahwa... suatu hari nanti, kau akan membuat dorayaki... yang memenuhi impianmu sendiri. Milikilah kepercayaan diri untuk mengikuti jalanmu sendiri. Aku yakin kau bisa melakukan itu, Bos.


      Gambar 2 : kacang merah harus dibersihkan dan dimasak dengan benar
Kalimat tersebut membuat Hati Sentaro terketuk, banyak pelajaran hidup dan bisnis yang dia dapatkan dari Tokue. Berkat ilmu dan resep rahasia dari Tokue, bisnis Sentaro dengan cepat berkembang luas, dan seiring berjalannya waktu. Banyak pengunjung yang mulai berminat dorayakinya. Hingga Tokue berhenti bekerja Namun Sentaro dan Tokue mulai saling bercerita, mengungkapkan luka lama yang mereka rasakan. Ternyata Tokue juga mengidap penyakit kusta namun tidak menghalanginya untuk takut pada hidup dan berdamai dengan keadaan serta mengisi hidupnya dengan pikiran positif. Tokue juga harus meneruskan bisnis dorayaki karena terkait hutang, Bagaimanakah kelanjutan hidup yang terjadi pada Sentaro dan Tokue.? Silahkan menonton film yang kaya filosofis hidup ini

Fim yang ditulis oleh Naomi Kawase. Diproduksi oleh Kino Lorber. Pemain utama Kirin Kiki, Masatoshi Nagase, Kyara Uchida, Miyoko Asada, Etsuko Ichihara sangat menarik dan menyentuh untuk di tonton. Saya memberikan emapt bindatng untuk film ini. Selamat menyaksikan film keren ini

 Gambar 3 : Poster Film Sweat Bean 


0 comments:

Post a Comment