Tuesday, May 7, 2019

Ramadhan impian yang membumi di jiwa

Thrkompasiana Pilihan

Ramadhan, Impian yang Membumi di Jiwa

Ramadhan, Impian yang Membumi di Jiwa

Gambar 1.pengajian besama rekan rekan kantor di  Senayan, doc. Pribadi
Bulan ramadhan tiba lagi. Tentu rasanya bahgia sekali karena di bulan istimewa ini, Allah bukakan pintu rezeki dan ampunan bagi mereka yang menunaikan ibadah puasa dan memperkuat amalan ibadah di bulan ramadhan. Tahun ini adalah tahun kedua saya menunaikan ibadah puasa setelah berkeluarga.  Tentu saja ada yang berbeda karena semua aktifitas yang kita laksanakan selama ramadhan akan bernilai pahala termasuk menghidangkan hidangan sahur dan hidangan berbuka untuk suami. Meskipun kami memiliki selera makanan yang berbeda karena saya sanagt menikmati masakan khas batak mandailing dengan hidangan daun ubi tumbuk serta ikan mas goreng balado, namun suami lebih senang dengan hidangan soto betawi,  dan makanan yang ta boleh absen adalah tahu dan tempe.

Tapi itulah indahnya bulan ramadhan, karena bisa menghidangkan makanan  kesukaan bersama disaat ramadhan dan bisa berbuka bersama. Mengingat saya bekerja di seputaran Senayan, Jakarta Pusat.
Sedangkan suami lebih seing beratifitas di Depok, kadang kondisi jalanan tak terprediksi dan macet, sehingga penuh perjuangan untuk bisa berbuka bersama dan bisa sholat tarawih bersama ke masjid terdekat komplek rumah. Namun setelah hampir sembilan tahun bekerja, ada harapan yang saya ingin wujudkan yakni lebih disiplin hadir di acara pengajian kantor setiap hari rabu dan jum'at. 
Padahal dulu sayalah yang mengundang ustadz dari salah satu masjid hingga beliau sudah lebih lima tahun mengajar tahsin di kantor, namun karena sempat mengambil kuliah S2 di UI Depok dan kuliah jadwalnya sore saya sering absen pengajian, namun setelah wisuda tahun 2017 kemarin, saya berharapa tahun ini akan lebih banyak ikut kajian memperdalam ilmu agama dan memperbanyak memperbaiki bacaan Al qur'an. Harapan yang kedua, menambah silaturrahmi bersama kerabat keluarga dari pihak ibu yang banyak menetap di jakarta, alhamdulillah sebelum ramadahan saya dan suami sudah berkunjung ke rumah tulang dari pihak ibu dan uda dari pihak ayah, dan senang juga bisa bersilaturrahmi ke keluarga suami semua di daerah Tangerang.  Namun masih ada beberapa sepupu yang belum pernah bersua meskipun sama sama di Jakarta, padahal sepupu saya sebelumnya tinggal di kampung dan kemudian memberanikan diri mengadu nasib di jakarta dan sudah di karunia seorang puteri semoga bisa bersua dan mempererat silaturrahmi, karena silaturrahmi juga menambah kasih sayang dan bisa memanjangkan usia. Apalagi jika dalam kajian tersebut bisa bertemu sahabat baru dan bisa saling sharing kajian dan buku-buku kajian


Gambar 2  :  Silaturrahmi bersama keluarga Ibu di kampuang halaman . doc. pribadi
Gambar 2  :  Silaturrahmi bersama keluarga Ibu di kampuang halaman . doc. pribadi
 
Harapan yang ketiga, bisa mengupulkan anak yatim disekitar komplek rumah dan menghibur mereka dengan cerita dongeng, karena kebetulan saya memiliki banyak koleksi boneka di rumah, dan bisa mendongengi mereka dengan cerita anak-anak yang terinspirasi dari karya buku saya tentang cerita  seorang anak kecil yang berwajah seperti kakek-kakek bernama " Travelolo"semoga menjadi kegiatan menyenangkan. ii adalah salah satu aktifitas tebar hikmah ramadhan terindah yang ingin kukenang selama ramadhan. Karena setiap minggu anak-anak  selalu  ramai berbaris di depan pintu rumah sambil  kompak bersuara"tante Ed. Tante Ed, katanya mau mendongeng dan main boneka" hehehhe. Kalau sudah begini saya bisanya langsung mengambil sekeranjang boneka dengan berbagai karakter tapi yang paling banyak boneka beruang mini


  Gambar 3 :  Bisa memberikan dongeng pada anak yatim dengan
  Gambar 3 :  Bisa memberikan dongeng pada anak yatim dengan "Travelolo : dan " Erop". doc. pribad

Harapan yang keempat, saya berharap bisa berkumpul dengan keluarga dan bersua dengan Ibu dan adik-adik di Medan, karena bersua dengan mereka dan merayakan lebaran bersama merupakan satu kebahagiaan tersendiri bagi saya, ditengah tiket dengan harga melangit. 
Semoga berkah dan diberikan Allah rezeki yang seluas-luasnya dan bisa berbagi rezeki dengan keluarga, karena saya sangat berharap adik laki-laki saya bisa segera mewujudkan impaiannya membuka bisnis showroom mobil karena memang hobinya adalah otomotif dan dia berharap sekali bisa menjual banyak unit mobil sehingga bisa menabung untuk cita-citanya menuaikan ibadah umroh
Harapan kelima, ingin makan sehat dan bergizi serta mulai rutin olahraga di sore hari di sekitar taman kota depok, agar lebih fit dan berenergi, dengan demikian bisa aktif beraktifitas dan semakin fir untuk sholat tarawih dan mengkhatamkan Al Qur'an di bukan ramadhan, semoga juga dibrikan amanah di karunia keturunan, karena itulah harapan terdalam saya di bulan ramadhan.Demikianlah harapan sederhana yang saya ingin wujudkan, semoga harapan itu membumi di jiwa dan bisa diwujudkan satu persatu di bulan ramadhan yang berkah ini saat menahan lapar dan haus

2 comments:

  1. Makasih gan infonya,.
    http://bit.ly/2DeWRXI

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete