Wednesday, September 28, 2016

Perjalanan Saya sebagai Mahasiswa Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi USU



Perjalanan Saya sebagai Mahasiswa Diploma III  Kesekretariatan
Fakultas Ekonomi USU

Saya masih ingat selulus SMU Negeri 2 Padang Sidimpuan, saya kemudian berangkat menuju Medan untuk mengikuti SMPTN. Sebagai puteri daerah dari kota kecil rasanya saya tak percaya diri bersaing dengan beribu-ribu calon mahasiswa se Indonesia, namun demi cita-cita dan ingin jadi contoh untuk keluarga sebagai anak pertama. Saya berangkat dan sempat ikut bimbingan belajar.  Saya sempat mencoba program IPC karena pada dasarnya saya anak IPA dan saat itu mencoba FK walaupun sebenarnya saya lebih nyaman mengambil jurusan IPS karena senang hal yang berbau humaniora, kreatifitas dan seni

Akhirnya nama saya tidak terdaftar dalam kelulusan S1 dan akhirnya mencoba program D3 USU, rasanya agak kecewa waktu itu. Namun Bapak saya bilang, ambil saja D3 bisa jadi itu awal yang baik untuk kuliah S1 Fakultas Ekonomi. Dan akhirnya saya coba, dan benar saya  dinyatakan lulus dengan sekitar 30 mahasiswa lainnya. Alhamdulillah saya bersyukur, bisa menikmati bangku kuliah meski D3, karena banyak juga teman yang tidak lulus seleksi mahasiswa baru, dan tentu banyak juga yang tidak bosa mngecap kuliah dengan alasan biaya. Saya ingat SPP saya saat tahun 2000 adalah Rp 1.200.000. rasanya cukup mahal dibanding S1 Fakultas Ekonomi USU yang hanya 375,000 saat itu, hingga akhirnya saya mencoba belajar dengan rajin dan tekun dan sempat mendapat beasiswa dari kampus namanya beasiswa BBM untuk D3 dan beasiswa PPA untuk S1. Kadang minder juga sebagai anak D3,  karena merasa seperti anak swasrta,tapi justru disitu hikmahnya belajar lebih giat biar bisa nyambung S1 segera. 

Saya masih ingat saat itu mata kuliah yang menarik adalah pengantar bisnis, humas, perdagangan internasional hingga  teknis menulis cepat ala sekretaris yakni stenografi yang kebanyakan 3 SKS. Nmaun inilah mata kuliah yang harus diselesaikan dalm 3 tahun, yuhuu. Hehhe< pasti kalau anak sekretaris ingat kan

Semester I
Manajemen Pemasaran (3)
Mengetik Manual (2)
Bahasa Inggris I (3)
Matematika Ekonomi I (3)
Pengantar Akuntansi I (3)
Pengantar Bisnis (3)
Pengantar Ekonomi Mikro (3)
Pendidikan Pancasila (2)
Agama Budha (2)
Agama Islam (2)
Agama Kristen Protestan (2)
Agama Kristen Katolik (2)
Peng Akuntansi (2)

Semester II
Pengantar Aplikasi Komputer (3)
Manajemen (3)
Bahasa Inggris II (3)
Statistik Perusahaan (3)
Pengantar Akuntansi II (3)
Pengantar Ekonomi Makro (3)
Bahasa Indonesia (2)

Semester III
Aspek Hukum Dalam Ekonomi (2)
Aplikasi Komputer Bisnis I (2)
Moneter Dan Bank (3)
Kewiraan (2)
Bahasa Inggris Conversation (3)
Komunikasi Bisnis (3)
Manajemen Keuangan (3)
Pengantar Administrasi (2)
Etika Profesi (3)



Di kelas yang paling banyak adalah mahasiswi dan cuma dua mahasiswa. Namun senang sekali bisa kuliah dengan metode teori dan praktek. Saya ingat saat kuliah saya selalu duduk paling depan. Kuliah lebih banyak di lantai 3 dan biasanya ada juga mahasiswa anak diploma yang rebutan bangku kalau kuliah. Namun saat ujian tiba lebih semangat lagi karena posisi menentukan prestasi. Hehe, tau sendiri mahasiswa lebih aktif diskusi tersembunyi kalau ujian bukan?

Namun saat kuliah memang saya mencoba masuk Himpunan Mahasiswa Jurusan Dekretaris yang saat itu namanya disingkat KULDESAK ( Kumpula D3 Sekretaris) di tahun 2000, kalau tak salah saya adalah anak mahasiswa ganjil. Perkuliahan dimulai di pagi hari  hingga jam 15.00 wib. Kemudian sebelum kuliah tiba saya biasanya ikut pengajian musholla dan ke perpustakaan. Karena perpustakaan USU sangatlah nyaman saat itu. Ada juga TV dan American Corner. Saya juga mulai ikut organisasi ektrakurikuler seperti HMI dan ikut USD ( Usu Society For Debate).  Saya sempat ikut lomba debat ke UII di Yogyakarta, saat itu juga saya mulai mengembangkan skill.  Hingga saya sempat jadi Head of Education LP3I dan tahun 2011 S2 di Universitas Paramadina dengan beasiswa Fellowship, dan juga sekarang mengambil S2 yang kedua di Universitas Indonesia jurusan Sosiologi (FISIP) dan bekerja sebagai Staf Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan perjalanan sebagai penulis naskah pidato Ketua Dwan Perwakilan Daerah, Humas hingga calon peneliti fungsional dewan. Semua tidak akan terwujud jika tidak dimulai dari D3 Sekretaris USU, maka tulisan ini adalah refleksi kesykuran saya disela-sela peluncuran buku saya yang ke 23, maka teruslah mencintai apapun yang kita dapatkan dan Biarlah Tuhan yang menentukan perjalanan langkah kita kemana,salam inspirasi


Semester IV
Korespondensi Bisnis Indonesia (2)
Stenografika Indonesia (2)
Hukum Pajak (3)

Semester V
Perdagangan Internasional (3)
Manajemen Kearsipan (2)
Kesekretariatan (3)
Manajemen Sumber Daya Manusia (3)
Manajemen Perkantoran (3)
Korespondensi Bisnis Inggris (2)
Metode Penelitian (3)
Stenografika Inggris (2)
Kewirausahaan (2)
Humas (3)



Saya ingat saya wisuda saat itu dan kebahagiaan terindah saya adalah, saya didampingi oleh Ayah saya, Alm, H. Drs Azahari Pulungam. Mungkin itulah hikmahnya saya kuliah D3, jika seandainya saya S1 mungkin Bapak tak menyaksikan wisuda saya


0 comments:

Post a Comment