Tuesday, June 24, 2014

Kuliah Ke Eropa bukan lagi Mimpi, Kejar Beasiswa Erasmus


Bagaimana rasanya kuliah kenegeri seberang? Negeri-negeri Eropa yang indah dengan pusat kebudayaan yang tinggi dan beraneka rupa. Pernahkah mengimpikannya? Mau tahu bagaimana rasanya pre departure training? apa sih PDT itu?   Ternyata PDT adalah persiapan berupa pembekalan yang diberikan pada mahasiswa yang memenangkan beasiswa sebelum berangkat. 

 

Gambar 1 : Penerima beasiswa berphoto bersama dengan Duta Besar HE. Olof Skoog doc.Pribadi
 


Saya mendapatkan undangan Istimewa dari Edelman untuk menghadiri acara Pre Departure Training tersebut  di Hotel Kempinsky bertempat di Bali Room yang dihadiri 100 Mahasiswa Indonesia yang menerima Erasmus Plus yang terdiri dari 140 program beasiswa Magister S2 Erasmus Plus dan 42 program Doktoral S3 yang mencakup berbagai bidang seperti teknologi, science, sosial, bisnis, ekonomi dan sastra. beasiswa Erasmus sendiri sudah dimulai sejak tahun 2004 dan sudah 900 orang lebih yang merasakan manfaatnya.


  
Gambar 2 : Alumni menerima penghargaan dari perwakilan penerima beasiswa dari Duta Besar HE. Olof Skoog doc.Pribadi



Bukan hanya itu saya juga berkesempatan mengenal beberapa putera-puteri Indonesia pilihan yang mendapatkan universitas dambaan mereka. Salah satunya adalah Ihsan Gumilar. Putera kelahiran Painan ini berhasil mendapatkan kursi S3 di universitas Ghent dengan mengambil jurusan Psikologi. Bahkan prestasi lainnya adalah sempat membuat buku berjudul " Is it me, is it my relegion that drives me crazy to take risk” ini sudah di cetak di Jerman dan bisa didapatkan di Amazon.com. Luar biasa bukan?



Gambar 3 : Ihsan Gumilar Penerima Beasiswa Erasmus doc.Pribadi



 David Soendoro juga yang mendapatkan beasiswa LPDP yang mendapatkan  beasiswa di  Swedia dan Denmark mengambil jurusan Komputer. Menurut David beasiswa kita bisa dapatkan asal kita berani dan mencintai apa yang kita lakukan  dan jangan takut kegagalan. Ketika ditanya kenapa memilih Swedia , menurutnya karena kultur riset disana sangat dihargai.

                      
Gambar 4 : Grace Damaris Suradi Penerima Beasiswa Erasmus doc.Pribadi


         


Gambar 5 :  David Soendoro Penerima Beasiswa Erasmus doc.Pribadi


Keberuntungan juga bagi  Grace Damaris suradi yang mendapat beasiwa di Groningen University. dari lotus Program action2, sedangkan Hilda Rizkia Zahra yang mendapatkan beasiswa di Italia dengan jurusan material engeenering sebagai bagian program kerjasama dengan kampusnya ITB. wajah berbinar tak lepas dari gadis berkerudung itu.

Sambutan hangat juga disampaikan  Bapak Olof Skoog, Duta besar Eropa untuk ASEAN dan Brunai Darussalam sambil menyerahkan sertifikat yang berisi  penerima beasiswa  dan universitasnya. Dalam sambutannya dengan beberapa media mengatakan beasiswa ini diberikan sebagai bagian kerjasama meningkatkan kerjasama dan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan mutual respect antar negara Eropa dan Indonesia


 Gambar 6 :Duta Besar HE. Olof Skoog  dan Bapak Ananta memberikan penjelasan kepada media doc.Pribadi

Sambutan yang hangat dan penuh kebanggaaan disampaikan oleh Bapak Ananto dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengatakan bahwa Indonesia patut berbangga karena menduduki porsi kelima urutan peraih beasiswa terbaik ke Eropa.
   Jadi bagi yang berminat untuk sekolah keluar negeri terutama negara Eropa silahkan buka web http:/bit.ly/EM-emmc. 
Raihlah cita-citamu, jangan pernah ragu, tuntut ilmu, kemanapun menuju hinga Eropa kau tembus dengan doa dan upaya. Selamat berjuang.

0 comments:

Post a Comment