Tuesday, April 28, 2015

Sosok Aulia Halimatussadiah , Kartini Muda Pionir Digital Literasi

Masih dalam bulan april, saat kita terkenang akan perjuangan RA Kartini, saya ingin menuliskan sosok Kartini muda Indonesia yang juga merupakan sosok perempuan inspiratif yang hadir ditengah masyarakat, berkontribusi dalam bidang literasi bagi saya adalah sosok yang berani untuk membuat inovasi untuk komunitas, bangsa dan dunia. Kalau sosok satu ini barangkali layak disebut sebagai pionir untuk dunia digital. Sosok ini  bernama Halimatussadiyah yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 17 Juni sebagai anak tertua dari 3 dan satu-satunya putri dari orang tua saya.  Ollie begitu sapaannya menyelesaikan studi di Universitas Gunadarma.

Konon Ollie mulai suka menulis sejak SMP, serta membuat komik Jepang/manga.  Kemudian saat duduk di bangku SMA,  oliie mulai menulis cerpen dan puisi,  kemudian saat kuliah, Ollie mulai menulis blog, dan tahun 2004 ollie mendapat beasiswa dari Gagas Media untuk ikut kelas menulis selama 3 bulan di Jakarta School. Kemudian melahirkan novel pertama ollie dengan judul ‘Look! I’m on Fire’  yang diterbitkan pada tahun 2005. Sedangkan karyanya terbaru berjudul  Power in You  merupakan buku motivasi yang berusaha menginspirasi setiap orang untuk memepercayai potensi diri. Buku tersebut membuat Olie diundang diberbagai acara anak muda bertema kreatifitas dan personality development.

Gambar 1. : Sosok ini  bernama Halimatussadiyah doc pintarest.com

Figur yang biasa dipanggil Ollie ini adalah pendiri sejumlah web bisnis seperti KutuKutuBuku.com, NulisBuku.com, dan aktivis pada web StartUpLokal.org. Ia juga penulis lebih dari 20 buku. Melalui web nulisbuku.com, diantara judul bukunya antara lain Lihatlah! Aku on Fire, Je m'appelle Lintang, Mengaku Rasul, Burung-Burung Kertas, MEMBUAT Toko Online dengan Multiply,Tak Tik Blog: Cara Bikin Blog, Paling tokcer, Cepat Populer, Menemukan Soulmate Untuk Mei, PANDUAN Praktis mendesain Template Joomla! (+ CD),Katakan Cinta, Trik membuat blog dengan Tampilan Menarik, Setelah The Honeymoon - Drama Baru Dimulai Seusai Pesta, Tak Tik Top, AlphaWife, Makeover Template Joomla, Cinta: Sebuah Rumah Untuk Hatimu, Inspirasi.net, Sang Kurator, Mudah Biz Memikirkanmu, Pelangi (cerita pendek), E-Love Story (cerita pendek),22 hari Bercerita (cerita pendek), linimas (s) a (artikel di media sosial), Cerita Sahabat, Menulis Kreatif Blog, Ya Kamu Bisa!, serta Girls & Tek,  Power in You.


                   Gambar 2. : Ollie dengan buku-buku doc ollie

Ollie saya anggap sebagai senior, sahabat dan juga mentor yang bisa jadi role model bagi perempuan Indonesia karena Ollie menggagas membuat proses menerbitkan buku menjadi mudah dan tidak ribet. Dan dengan media online itu, Ollie telah melahirkan ratusan penulis muda independen yang sukses menerbitkan buku – sebuah upaya yang amat membanggakan di tanah air. Beliau juga kerap dioundang keluar negeri sebagai pembicara di bidang creative writing dan online business.

        Gambar 3. : Bersama sosok penulis Ollie dan Konsultan                              Timor Leste di Ubud, Bali doc.pribadi

Dengan mengelola web startUpLokal.org, Ollie ingin mendorong lahirnya ribuan digitalpreneur yang mandiri dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kemakmuran bersama.Melalui beragam sepak terjangnya itu, Ollie berharap kian banyak kaum perempuan muda yang ikut menjadi digital pioners in this digital era. We are really proud of you, Ollie !!

Saya mengenal Ollie dalam pertemuan di beberapa event di pusat kebudayaan at america dan juga pada acara ubud writers and readers festival 2014 dan dalam event kepenulisan di Jakarta.  Cintanya yang besar untuk membaca dan menulis menghantarkan dia menjadi penggagas online self-publishing yang bertujuan menumbuhkan minat menulis pada Masyarakat dengan anggota ratusan ribu yang terdiri dari calon penulis muda yang mulai tumbuh sebagai  calon penulis potensial di seluruh Indonesia. Komitmennya membantu memotivasi meetups dari komunitas startup digital terbesar di Indonesia.



                      Gambar 5. : Ollie  visit  Moscow doc. ollie

Menurutnya perempuan juga harus melek teknologi dan dunia kepenulisan menghantarkannya untuk mendapat berbagai penghargaan antara lain terpilih  sebagai 10 Perempuan Sukses dalam bidang Startup di Indonesia-Tek di Asia, Kartini Next Generation Penghargaan Khusus 2013, Inspiring Woman in ICT - Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia Teknologi, April 2013, 10 Sosok Wanita Sukses di Indonesia  Dunia IT oleh InfoKomputer Magazine - April 2011, serta Salah satu dari 50 sosok inspiratif oleh Intisari Magazine-Agustus 2012



                          Gambar 6. : Ollie  visit Moscow doc. ollie

Bukan hanya Itu Ollie menggagap penulis bukan hanya bisa menulis mengeluarkan karya namun juga harus bisa “ memasarkan” karyanya ,begitu menarik menggabungkan dunia literasi dengan bisnis. Inilah sosok kartini muda Indonesia. Ayo siapa yang ingin ikut jejaknya.

Perempuan adalah sosok yang selalu istimewa, berada diantara lintasan waktu yang memberinya ruang untuk berkarya. Hingga kelak dia menjadi perempuan sejati yang menebar karya dan kontribusi. salam inspirasi.





1 comments:

  1. Thanks a lot Ed untuk tulisannya yang lengkap <3 Sukses buat kamu

    ReplyDelete