Friday, June 3, 2016

Promosikan Indonesia Kepada Dunia Melalui KOPI



Perjalanan adalah kado terbaik
yang diberikan untuk manusia
dimuka bumi
agar dia memaknai
bahwa semesta diperuntukkan untuknya

( Puncak Kelimutu, 21 April 2016)


Saya termasuk orang yang suka jalan-jalan, dan jika ada liburan atau weekend, saya memilih untuk mengunjungi bebrapa tempat yang menarik bagi saya, dan pada bulan lahir saya, april, baru-baru ini, saya berkunjung ke Ende, yakni daerah tempat Presiden RI Pertama diasingkan, disana saya melihat masyarkat Ende yang mayoritas penenun tenun ikat, dan juga melihat alamnya yang indah berupa pantai, serta sistus bersejarah seperti taman renungan, saat Presiden Soekarno memikirkan tentang lambang negara kita Panca sila yang diambil dari ide daun sukun yang berhelai lima. Saya merasa bulan Juni adalah bulan yang mengingatkan saya pada perjalanan bulan lalu, indah dikenang , apalagi say abanyak mengabadikan photo human interest yang membuat kita ingin datang lagi dan lagi ke berbagai daerah di Indonesia. Seperti beberapa photo perjalanan saya berikut ini :

  Gambar 1 : Pesona Danau Kelimutu, NTT


   Gambar 2 : Monumen Puncak Pemandangan Danau Kelimutu, NTT

   Gambar 3 : Papan penanda Menuju Puncak Danau Kelimutu, NTT
doc. EdridaPhotograp


Gambar 4 : Mengintip Sunset  Danau Kelimutu, NTTdoc. EdridaPhotograp


 Gambar 6 :  Foto Bersama teman dari Jerman Menuju  Puncak Danau Kelimutu, NTT doc. EdridaPhotograp

Gambar 7 : Kegiatan  Keseharian Perempuan Ende mengikat dan mengurai benang , NTT doc. EdridaPhotograp

Saya mulai menekuni blog sejak tahun 2011, namun mulai semangat menulis sekitar tahun 2011. Segala aktifitas saya terangkum dalam beberapa blog, dan selebihnya tercecer di buku diari yang saya tulis dengan aktif, dan kadang saya bingung sendiri sampai full bukunya tercatat habis. Beda dengan mengetik di komputer yang saya harus biasakan. Mungkin chemistry saya pada sesuatu yang klasik, sedangkan saya adalah penulis yang menyenangi dunia fiksi dan non fiksi mulai dari puisi, cerpen, hingga tulisan bertema pendidika, budaya, diplomasi, politik dan sebagainya.

Saya senang menjadi seorang penulis, sekaligus blogger dan citizen jurnalis di salah satu platform Kompasiana dan juga Detik dan blog personal saya ini. Namun saya makin senang mengingat sekarang ada komunitas Koalisi Online Pesona Indonesia (KOPI)  yang dideklarasikan pada tanggal 26 November 2015  untuk menjadi komunitas dari  para jurnalis online dan blogger yang berada di bawah naungan AJOIN (Aliansi Jurnalis Online Indonesia) dan Kabarindo Utama.  Para  Kopiers  saling bersinergi untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Indonesia agar lebih mengenal Indonesia dan juga dunia Internasional akan  keindahan alamserta keanekaragaman budaya.



Jika dilihat dari deklarasi tersebut , jelas KOPI adalah wadah yang istimewa yang berusaha menggalang para blogger untuk menulis dan melaporkan berita-berita yang baik terkait dunia pariwisata serta kreasi dan cipta karya anak bangsa seperti film, musik, fashion, kuliner dan sektor ekonomi kreatif lainnya, d. Tentu saja jurnalis juga harus memilki etika dalam menulis berita, dan yang utama adalah yang menuliskan tentang pesona Indonesia pada dunia 


 
Jadi teman-teman blogger dan jurnalis, silahkan KOPI  karena setiap kita adalah duta bangsa dan duta wisata yang mengabarkan tentang pesona Indonesia dimata dunia, apalagi sektor Indutri wisata Indoensia jika dibandingkan dengan negara Malaysia, kita kalah jauh, untuk itu kita bisa berkontribusi melalui KOPI, syaratmya tulis tentang pesona wisata atau keindahan daerahmu. Karena tanggal 26 Juni akan ada acara KOPIERS dari daerah yang akan dihadirkan untuk datang kejakarta dan bisa bertemu dengan jurnalis lainnya. Seperti saya akan menuliskan tentang keindahan daerah kelahiran saya Sumatera Utara, yakni Medan,Brastagi, Padang Sidmpuan, Sibolga, dan lain sebagainya. HORAS. Selain itu kita kana menimba ilmu dari pemerintah yakni kementerian pariwisata, para stakeholder, jurnalis, dan blogger lainnnya se Indonesia, tentu acara yang menyenangkan bukan? yuk.
    

0 comments:

Post a Comment