Sunday, December 14, 2014

Hotel Santika Premier, Green Hotel dengan Sentuhan Lokal Cita Rasa Global



Sudah pernah Menginap di  Hotel Santika Premier? Bagi anda yang belum silahkan baca tulisan saya



Gambar 1 : Selamat datang di Hotel Santika Premiere, Jakarta doc : edrida


Akhir pekan yang indah tentu semakin menyenangkan bagi saya karena bisa berkumpul bersama sahabat untuk memenuhi undangan acara Kompasiana Visit Santika Premiere Jakarta, Slipi yang diadakan pada hari Sabtu 13 Desember 2014. Hotel berbintang empat ini berlokasi  di Jl. Aipda KS Tubun, no 7, Slipi, Jakarta. 

Benar, Hotel ini sangat strategis dan berada di pusat kota dan mudah di jangkau. Ingin melepas penat, rekreasi bersama keluarga, meeting dengan rekan bisnis atau sedang menyiapkan pernikahan, anda bisa jadikan hotel ini sebagai top priority. Berikut pengalaman saya, dalam house tour  dan hospitality di Hotel Santika Premiere Jakarta

Acara belum mulai,beberapa teman menyeduh kopi hangat,kripik kentang dan croissant sambil berbincang santai. Saya senang bisa bersua dan berbincang dengan para kompasianer, Ada juga Pak Ben yang kebetulan satu meja di depan dengan saya. Kami asyik berbincang tentang spirit dan life motivation. Juga bertemu dengan beberapa rekan kompasianer lainnya yang baru saya kenal, senangnya bisa menambah sahabat baru dan menambah pengetahuan.

Gambar 2 : Welcoming Speech dan paparan dari General Manager Santika Premiere. Bapak Dhaniel H Prabowo didampingi Agustinus Agung Pramudito, selaku Director of Sales Hotel Santika Premiere Jakarta, Chef Frederick D. Turambi selaku Executive Chef Hotel Santika Premiere Jakarta dan Bapak Gunawan selaku Food & Beverage Manager Hotel Santika Premiere Jakarta. Jakarta doc : edrida

Tak kenal maka tak sayang
Begitu banyak hotel di pusat kota seperti Jakarta. Namun  dimanakah hiotel yang nyaman, green dengan menu  khas nusantara?

Apalagi jelang tahun baru tentu sangat padat karena banyak acara dan event meriah yang diadakan oleh banyak hotel untuk momen pergantian tahun. Hotel  Santika menjadi satu pilihan karena termasuk nyaman di pusat kota dengan area parkir yang luas. Nuansa bercorak tradisional Indonesia  juga begitu terasa dengan lukisan penari betawi yang menyambut para pengunjung di lobby depan. Kita bisa menikmati suasana " touch of Indonesia mini" di hotel ini. Jika bukan kita yang membanggakan industri hospitality Indonesia siapa lagi?



Gambar 3 : Para Kompasianer tekun menyimak dan mendengar paparan, doc : edrida

Gambar 4 : Penjelasan Fasilitas Hotel dan kamar hotel  doc : edrida
 

Gambar 5 : Silahkan dipilih :) doc : edrida
 
Namun tentu saja masih banyak yang saya dan rekan kompasianer ketahui tentang fasilitas dan hospitality Hotel Santika tersebut, Untuk itu pada session pertama kami diperkenalkan dengan para management hotel yang sangat smiling face menyambut kami para kompasiener yang nampak segar bugar pagi itu. Paparan pertama dari Pak Dhaniel mengulas tentang Branding Hotel Santika yang mengedepankan produk tradisional nusantara. Mulai dari interior gedung yang bernuansa pilar batik hingga aneka kulinernya  bahkan massage tradisional yang ada di hotel Santika.

Sesion berikutnya adalah tanya jawab oleh para rekan kompasianer yang kemudian setelah itu kami diajak untuk house touring, dan pertama kali kami di lantai 1 menuju gedung


Gambar 6 :Sesion tanya jawab oleh para rekan kompasianer, Pak ben bertanya soal green Hotel doc. edrida





 Gambar 7 : Para Kompasianer tekun menyimak dan mendengar paparan  doc : edrida

Fasilitas dan Kamar ekslusif dan previlage

Usai Pak Dhaniel, berlanjut kemudian Bapak Agustinus Agung Pramudito yang akrab dipanggil Pak Pram menyampaikan presentasi soal fasilitas Hotel Santika Premiere. Sebagai Director of Sales, beliau memaparkanbberapa pilihan kamar Hotel Santika Premiere, anatara lain ruang pertemuan, Business Center, Health Club, Childreen Play Ground, Swimming pool, The Club Premiere Lounge,serta area parkir gratis, free Wi-fi, Shopping Arcade & Travel Agent. Total kamar ada 275 kamar.


Gambar 8 : Enjoy breakfast di meja ini, menghadap view premium kota dan swimming pool, doc : edrida


Gambar 9 : Enjoy breakfast di meja ini, menghadap view premium kota dan swimming pool, doc : edrida



Gambar 10 : kamar dengan fasilitas eksklusif, dengan tempat tidur, dan sofa yang cozy, doc : edrida

 

Gambar 11 : Kamar menghadap premium kota dan swimming pool, doc : edrida



 
                   
    Gambar 12 :  Video pemandangan  Kamar menghadap premium kota dan swimming pool,  special for you                                                                doc : edrida
 


Gambar 13 : Nikmati  Tradisional Massage Indonesia dengan promo, doc : edrida


Hotel Santika Premier Implementasikan green hotel

Meskipun hotel bintang empat, hotel santuika Premier sangat concern menjaga lingkungan. Karena semua limbah hotel direuse kembali untuk menyiram tanaman di taman. Bahkan air yang digunakan langsung dari water grounded OPAM. begitu juga dengan penggunaan sprei hotel yang dicuci setelah dua hari sekali. 

Ciri-ciri Green hotel adalah  hotel  bukan hanya sekedar ikut-ikutan trend Namun sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk mewariskan planet bumi yang sehat kepada anak dan cucu.Kampanye wisata yang ramah lingkungan sudah mulai menjamur di Indonesia. Hanya saja kesadaran untuk memilih hotel yang ramah lingkungan atau green hotel masih minim.
Pilihan hotel yang ramah lingkungan menjadi alasan utama memilih hotel bagi pengunjung dan bagian dari standar kualitas layanan internasional. ciri-cirinya antara lain :

Taman atau banyak tanaman.  
Taman-taman hijau tak sekadar untuk memperindah hotel. Ataupun, deretan pot tanaman di bagian depan hotel. Tanaman hijau berfungsi pula untuk membersihkan udara sekitar hotel. Nah jika berkunjung ke Santika ada taman hijau didepannya

Limbah Hotel
Penggunaan air untuk menyiram tanaman yang dilakukan pihak hotel santika sudah menggunakan air bekas mandi yang diolah untuk menyiram tanaman yang ada disekitar hotel.

Pakai ulang. Mulai dari hal paling sederhana. Hotel-hotel yang ramah lingkungan, menempatkan kartu-kartu imbauan, seperti penggunaan kembali handuk dan sprei tempat tidur. Sehingga handuk dan sprei tempat tidur tak perlu diganti setiap hari. Sebagai tamu, Anda pun perlu menerapkan hal ini. Tak perlu harus mengganti handuk dan sprei setiap hari. Untuk tempat tidur, cukup minta untuk dirapikan kembali.

Bahan makanan organik atau produk lokal.  Bahan makanan yang digunakan pihak hotel Santika Masih  yang menggunakan bahan-bahan makanan organik dan bahan-bahan lokal atau membelinya dari pasar tradisional disekitar hotel. Pilihan lain, hotel-hotel yang memang sebagian besar memakai hanya produk-produk dalam negeri. Tebntu saja inibisa mensejahterakan masyarakat Indonesia juga.
Dengan membeli secara lokal, pihak hotel telah menghemat bensin dan waktu untuk transportasi puluhan kilometer via darat maupun pesawat.

Hotel bebas rokok. Saat berkunjung ke Hotel Santika ada larangan tidak boleh merokok di setiap lantai. Bebas asap rokok demi kesehatan semua pengunjung hotel


Gambar 14 : Instruksi untuk tamu penggunaan sprei sebagai ciri green hotel, doc : edrida


Lukisan-lukisan Jakarta Tempoe Doeloe Menghias Setiap Kamar
Saya termasuk penggemar lukisan dan pernah memenangkan 3 lukisan dalam pameran lukisan yang mengadakan lomba apresiasi seni lukis. Nah tentu saja saya termasuk bangga karena Hotel memajang lukisan-lukisan yang memperlihatkan Jakarta (Batavia) tempoe doeloe. Seolah kita dibawa pada masa lalu.


Gambar 15 : Lukisan Jalan Lapangan  Menteng Barat doc : edrida



 Gambar 16 : Lukisan Jalan Lapangan  Menteng Barat doc : edrida


  
Gambar 17 : Ornamen traditional Indonesia corak batik di pilar gedung hotel Santika Premier doc : edrida



Gambar 18 :  Interior traditional Indonesia lukisan masyarakat  Indonesia tempo dulu terpajang di dinding gedung hotel Santika Premier doc : edrida
Aneka santap nusantara, silahkan dipilih 

Chef Frederick D. Turambi juga memeparkan aneka menu di Hotel Santika Premiere yang menyajikan 100 hinnga 300 ragam menu per session. Bisa dibayangkan lidah kita akan terpuaskan dengan kuliner cita rasa lokal.

Saya yakin hotel Santika sebagai Hotel Lokal akan eksis karena berhasil menggangkat kuliner nusantara sesuai dengan tulisan saya yang dimuat di Tabloid Inspirasi Masyarakat ekonomi ASEAN 2015 dengan judul" Kuliner Indonesia eksis di dan selera Masyarakat Global"


Gambar 19 : Tulisan saya tentang kuliner tradisional Doc: edrida
Ternyata Hotel Santika mengenal betul pertarungan yang akan siap menyambut ASEAN.


 Gambar 20 : Seporsi Tengkleng Sapi Panas doc : edrida



  
Gambar 21 : Pak Chef Sukamto menjelaskan menu andalan Seporsi Tengkleng Sapi Panas doc : edrida

Saya mencicipi tengkleng yang masih hangat dan dipanaskan. Rasanya begitu gurih dan bumbunya pas. Wah pasti bisa nambah makannya. kami kemudian diajak menuju Restoran Harmoni untuk makan siang dan mencicicipi aneka kuliner tradisional dan western. hmmmm, maknyoos, yummy..top markotop. 

Tengkleng ini nikmat saat disajikan panas-panas, mau coba, monggo :)


 Gambar 22: Seporsi Tengkleng Sapi Panas doc : edrida
 
 Gambar 23 : Seporsi Tengkleng Sapi Panas dan juice dengan campuran sayur dan nenas, segaar doc : edrida

Pisang ini biasanya di panggang dulu, kemudian disajikan dengan coklat, taburan kacang dan keju.
 

 Gambar 24 : Pisang Epe, Makassar doc : edrida


Salad kaisar ini direkomendasikan oleh  Mas Gunawan sebagai  bagian dari Food and Beverage manager Hotel untuk saya cicipi. Benar enak, segar dan gurih.

Gambar 25 : Salad Caesar, Segar dan gurih  doc : edrida

Kemudian saya juga menyantap pisang epe dari makassar.Rasanya gurih manis ditabur keju. Wah rasa kuliner nusantara seperti Indonesia Mini di restoran harmoni. 


Gambar 26: Aneka pilihan kuliner nusantara doc : edrida


Gambar 27 : Aneka minuman khas nusantara, silahkan coba es campur doc : edrida

 



 Gambar 28: Mau jamu kunir asem apa bandrek, silahkan coba doc : edrida


oh ya senang juga bisa tanya-tanya soal paket wedding, ini buat teman-teman saya yang ingin menikah di awal tahun 2015. semoga berbahagia ya, bisa hubungi saya lho :) karena sudah ngobrol dengan mas Suprianto langsung



Gambar 29:  Do you need infomation about   weeding package :) doc : edrida


Begitu menyenangkan sehari bersama sahabat di  Hotel Santika Premiere, saya bersama rekan kompasianer lainnya berphoto bersama di tangga hotel bersama management hotel. Semua senang dan pasang senyum dan wajah ceria, cheessss :)

 
  
Gambar 30: serbu Promo paket Tahun baru dan raih hadiahnya doc : edrida

  
Gambar 31: Waiting for december end, menanti salju turun,siapa yang menanti white christmast doc : edrida



 
Gambar 32:Photo bersama Kompasiner dan    management Hotel doc. edrida



Jika ingin memilih hotel yang nyaman, green dengan nuansa lokal namun cita rasa layanan internasional, silahkan datang ke Hotel Santika Premiere Hotel, Silahkan reservasi  reservation@jakartapremiere.santika.com
dengan  nomer telpon : 021 5317770, 5330350 nomer  informasi lebih lanjut bisa dilihat di www.santika.com.Tentu semakin menyenangkan jika bisa menikmati tahun baru bersama keluarga tercinta, rekan bisnis dan sahabat, karena ada penawaran menarik beserta hadiah doorprize untuk para pengunjung santika. tunggu apalagi Nikmati "the hospitality and touch of Indonesia" di Hotel Santika Premier.Enjoy and happy New year :)


0 comments:

Post a Comment