Monday, January 20, 2014

Oli Top 1, Pilihan Orang Top?



Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Blog TOP 1
Citizen Journalism 2014


             Photo  Bapak Dubes Indonesia untuk US Dinno Patti Djalal
               Bersama Joseph M Ryan, President TOP 1 Oil Products Company,       Stephen F Milam, President TOP 1 Manufacturing Division  USA
(doc www.vivanews.com)


            Adik saya penggemar otomotif. Cita-citanya membuka bisnis showroom Saya melihatnya senang merawat mobil dan motor. Untuk penggunaaan pelumas dia menggunakan oli TOP 1. Menurutnya oli TOP 1 HP Plus 10w-40 menjadi pilihan untuk pelumas mobil innovanya selama ini.  Sebagai seorang yang meniti karir di bidang otofinance dia memang senang menggeluti dunia otomotif yang memudahkan dia juga mengenal dunia  finance dan maintenance agar bisa melayani customernya lebih baik.
            Berdasarkan testimoninya, dengan menggunakan TOP 1,  tarikan mobil menjadi lebih enteng dan mudah. Dia adalah orang yang paling sibuk menyiapkan kendaraan untuk keluarga saat lebaran karena semua sanak keluarga kami berkumpul untuk liburan dan silaturrahmi mengunjungi saudara di luar kota.  Maka persiapan maintain kendaraan sebelum  bepergian sangat penting  demi kenyamanan berkendaraan sehingga perjalanan menyenangkan untuk semuanya.
            Menurutnya memilih oli memang tidak boleh sembarangan, alih-alih sebagai pelumas yang bermanfaat malah bisa merusak mesin jika tidak teliti karena oli berfungsi sebagai  Oli sebagai salah satu zat yang sebagai pelumas mesin, rantai, atau bagian-bagian lain yang bergesekan agar tidak terjadi aus, karat dan lain sebagainya.
            Berdasarkan bahan bakunya ada tiga jenis oli yang beredar di pasar, yakni mineral, semi sintetis, dan sintetis. Pelumas mineral, material dasarnya adalah minyak bumi yang diolah menjadi minyak pelumas. Jika kemudian hasil olahan tersebut ditambah dengan bahan sintetis lain untuk mencapai standar mutu yang lebih baik, maka produknya disebut dengan pelumas semi sintetis. Kualitas lebih tinggi lagi disebut pelumas sintetis.

Kenapa Top 1?
            Karena Top 1  adalah oli yang memiliki  Standar Kekentalan Oli yang sudah diakui (American Petroleum Institute) yang pasti tertera dalam buku petunjuk tersebut. Kriteria tersebut harus diikuti. Sertifikasi API dan lainnya menunjukkan tingkat bonafiditas produk bersangkutan.
            Disamping itu Top 1 memiliki keunggulan yang memberikan perlindungan bagi mesin generasi modern dengan akselerasi tinggi, mencegah korosi, mengurangi gesekan dan keausan dengan optimal, mencegah terjadinya slip kopling dan mempermudah perpindahan gigi, memiliki sifat kekentalan yang stabil pada temperatur ekstrim rendah atau tinggi, menjaga kebersihan mesin dan mencegah deposit pada piston karena mengandung aditif khusus detergent dan dispersant serta tidak mudah teroksidasi pada temperatur yang tinggi.
 Dan yang perlu di perhatikan ketepatan jenis pelumas untuk sebuah kendaraan lebih ditentukan oleh tingkat kekentalannya yang ditujukan dengan SAE (Society of Automotive Enginers). Semakin rendah angka SEA akan semakin encer pelumas tersebut.Dan dalam kemasan oli top 1, biasanya ditemukan kode huruf dan angka yang memperlihatkan hal itu. Contohnya SAE 40, SAE 50, SAE 90, dan seterusnya. SAE singkatan dari Society of Automotive Engineers atau Ikatan Ahli Teknik Otomotif, yang menetapkan standar kekentalan pada suhu 100 oC. Angka di belakangnya menunjukkan tingkat kekentalannya.

Top 1 Pilihan Orang Top

            Saya pernah membaca berita di media online bahwa Dinno Patti  Djalal sebagai Duta Besar Republik Indonesia sebagai wakil pemerintah RI  untuk US pernah mengunjungi pabrik TOP 1 di kawasan Los Angeles–California pada tanggal 29 Maret 2011 lalu atas  undangan Joseph M Ryan, President TOP 1 Oil Products Company, USA yang didampingi Stephen F Milam, President TOP 1 Manufacturing Division
            Orang top biasanya memilih produk pilihan dan berkelas,  Dinno meraih gelar Doktor bidang hubungan internasional di London School for Economic and Political Science (Inggris), Dino Patti Djalal berkunjung, ke pabrik TOP 1 di kawasan Los Angeles–California pada tanggal 29 Maret 2011 lalu.
            Sebagai seorang pecinta ilmu, saya sangat mengagumi beliau sebagai orang Indonesia yang sudah meraih  pendidikan dan  gelar Doktor bidang hubungan internasional di London School for Economic and Political Science (Inggris), perjalanan karir beliau sebagai Duta Besar  dan pernah menjabat sebagai juru bicara presiden bidang luar negeri ini ternyata menganggap TOP 1 sebagai pelumas nomor wahid, Jika begitu apakah TOP 1 Pilihan orang TOP seperti Pak Dubes? Pilihan anda Top 1 juga kan?

0 comments:

Post a Comment