Wednesday, January 22, 2014

Review Buku Travel Writer Diaries, Catatan Perjalanan tentang Indonesia



        Travel Writer Diaries adalah buku petulangan seorang penulis pengelana yang asyik dengan menginspirasi pembacanya untuk menelusuri kembali eloknya Indonesia. Buku karangan Teguh Sudarisman setebal 273 halaman yang diterbitkan Noura Book ini berhasil membawa kita melihat destinasi  wisata di tanah air yang begitu memukau dan sering kita abaikan. Karena promosi wisata ke luar negeri tentu lebih menggiurkan dan menjadi impian semua masyarakat Indonesia. Padahal Indonesia tak kalah indahnya, dan tak kalah eloknya. Tak percaya? Buktikan sendiri dalam buku ini.
       Penjelajahan Teguh di buku ini di mulai dengan pulau Sumatera yang menyuguhkan pesona Tangkahan yang eksotis. Perjalanannya menembus hutan serta menyusurinya dnegan naik gajah adalah pengalaman yang tak terlupakan.  Seolah menjadi seorang tarzan dadakan merasakan semua satwa menyambut happy dengan kicauan burung, suara gemericik air di sungai  dan gajah yang setia menemani dengan duduk manis menyusuri sungai Batang dan sungai Buluh.
      Begitu banyak destinasi yang dikunjungi oleh Teguh seperti desa Bakkara, Krakatau, Kawah rRtu, Cibodas, Green canyon, Sundoro, Bromo, Bali dan sebagainya. Hingga pengalaman sang penulis ditutup dengan perjalanannya menuju desaTomohon, Sulawesi Utara.  Ada 28 kisah perjalanan dalam buku ini, unik, menegangakan dan mendamaikan. Seorah kita sendiri merasakan perjalanan bersamanya.
        Penulis juga mendaki gunung Mahawu dan menyaksikan kawah putih yang indah. Bahkan menyaksikan sekelompok burung belibis yang bersahut-sahutan di Danau Linow. Pengalaman yang menggetarkan saat dekat dengan alam dan satwa yang jarang kita temui di kota-kota besar.
       Menurutnya masih banyak tempat yang belum dikunjunginya, karena Indonesia terdiri dari 17.000 pulau yang tak akan akan habis untuk dikunjungi. Untuk itu  pesannya dalam buku ini sungguh menggugah, yakni catatan perjalanan bukan hanya sekedar cerita tentang destinasi tapi juga rekaman kehidupan yang akan jadi pengalaman seumur hidup untuk di bagikan. 

        Menurut sang penulis menjadi travel writer adalah sebagai satu diantara the best job in the world, sehingga pekerjaan tulis menulis sambil jalan-jalan sangat mengasyikkan. Kodal utamanya adalah impian.  Karena hanya meminta anda keluar rumah, melihat yang indah-indah dan unik lalu menuliskannya dan share ke orang lain. Sungguh pekerjaan yang sangat mulia bukan?karena bisa membuat orang lain bahagia dengan berimajinasi, dan terinspirasi untuk mengunjungi tempat-tempat indah di Indonesia.
        Ada beberapa tips dalam buku ini, jika ingin menjadi travel writer, diantaranya, mulailah travelling, mengirim photo dan artikel ke majalah  travel dan lifestyle, memaksimalkan hasil liputan, berusahalah menjadi contributor tetap, pindahlah kerja ke majalah travel, jangan remehkan korespondensi dan terakhir adalah mempunya I media sendiri, Wow. Sungguh tips ini benar-benar buat yang mau serius ya .silahkan di coba.
      Selamat membaca buku ini. Bukan sekedar kisah perjalanan namun juga menaklukkan ketakutan, mematangkan keyakinan. Melangkah , berkelana di bumi Tuhan yang maha luas ini. Buktikan Indonesiamu, Jika ada niat jalan-jalan ajak saya ya ? 
I Just one to implemented one of my dream  travel around island in Indonesia and sharing by writing. Is it true  Mr. Teguh . Ok enjoy the book.

3 comments:

  1. keren sekali bukunya.. cuma kadang banyak orang lupa, setelah berjalan sekian jauh dan mengunjungi ratusan destinasi, pulang hanya tinggal cerita indahnya saja, yang seringkali justru tanpa makna.
    semoga buku itu tidak begitu ya, mak.. :)

    ReplyDelete
  2. Hai, tengkiyu Mbak Edridaaaa...!
    Semoga resensimu bisa 'meracuni' teman-teman untuk lebih banyak lagi menjelajahi Indonesia - tentunya setelah membaca buku ini :)).
    Sukses selalu untukmu.

    ReplyDelete